Barakallahufiiumrikum, Ayah~

happy-birthday-dad

 

 

 

Selamat Ulang tahun, Mr. Sabermi Ahmad.

15 Desember 2013. Selamat mengulang tahun untuk yang ke-53 kalinya ayah!!

Awalnya, saya mau post sebuah gambar, tapi setelah saya pikirkan ulang, itu bukanlah saya. Saya kembali berfikir ulang, benarkah itu bukan saya? Ya tuhan, 18 tahun ikut merayakan pertambahan umur ayah, baru kali ini saya sadar jika saya memang bukanlah apa-apa.

Saya bukan anak yang baik, meski saya juga bukan anak urak-urakan yang terus menerus membuat ayah hampir bunuh diri. Setidaknya, saya merasa jika saya belum sampai pada tahap itu. Tapi sungguh, meskipun selama ini saya merasa sudah ‘lumayan’ menjadi anak yang baik, saya tetap bukanlah apa-apa.

Saya bukan anak berandal, tapi saya ‘masih’ pernah membangkang. Atau setidaknya, saya masih memberengut ketika ayah meminta saya melakukan suatu hal yang bertentangan dengan kata hati saya. Lebih parah lagi, saya pernah menggerutu karena ayah egois (pemikiran saya saat itu) untuk memaksakan kehendaknya. Padahal, setelah saya pikirkan ulang, ayah hanya meminta saya untuk tidak lagi tidur terlalu malam. Hanya saya saja yang merasa terlalu hebat hingga hampir bergumam ‘its my life, so what?!’ [tolong jangan ditiru:’)]

Saya juga bukan anak yang hebat. Meski saya juga bukan yang terbodoh di sekolah. Setidaknya, nama ayah selalu terpanggil ketika urutan sepuluh besar disebutkan. Dulu, saya berfikir,

‘nah, kan. Ayah seharusnya bangga punya anak kayak gue?!’.

Tapi setelah saya kaji ulang, Seharusnya ayah memang hanya mengangguk dan tersenyum. Karena pada dasarnya, ayah memang belum pantas mengatakan ‘Ayah bangga nak’ atas prestasi saya yang masih berada dibawah anak-anak luar biasa lainnya.

DAN.

Dan yang lebih membuat saya kagum, ayah tetap mengucapkan secuil rasa bangganya melalui pelukan dan perkataan menyenangkan.

daddy1

 

Awalnya, saya ingin yang seperti ini. Tapi baru saya sadari jika saya bukan ‘independent woman’. Saya bukannya orang sukses yang bisa membangga. Saya juga bukan yang terbaik hingga harus membanggakan diri dengan kata ‘independent woman’ pada ayah.

Intinya, saya masih perlu belajar.

Belajar untuk menghargai seberapa harga dan nilai kehidupan saya, dari cara pandang orang lain. Saya tentu akan selalu menilai diri sebagai yang terbaik jika terus berkaca. Saya akan merasa menjadi yang tercantik, baik, bahkan sempurnya. Namun nyatanya, TIDAK.

images

Dan satu hal lagi yang ingin saya sadari betul. Ayah, tak pernah tergantikan. Dengan peran sebagai pemimpin, pengayom, pembina, kapten dalam kehidupan dan tentu saja, lelaki terhebat dalam hidup saya, ibu dan abang. Saya selalu ingin belajar menjadi lebih baik.

Untuk ayah, ibu dan keluarga saya.

Ingin rasanya saya berteriak mengucapkan ribuan terimakasih saya pada ayah. Karena nyatanya, perayaan kecil-kecilan yang selalu kami adakan akan berakhir dengan tawa hangat dan candaan khas ayah. Dulu. Baru saya sadari entah sejak kapan, yang jelas, setelah merasa memiliki cara pandang tersendiri, perayaan kecil sederhana itu kini perlahan berubah aura.

Kami, para anak yang beranjak dewasa hanya akan tersenyum melihat ibu menyanyikan lagu ‘selamat ulang tahun’. Dan meskipun sesekali ikut bernyanyi, hangat yang dulu terasa penuh kini mulai menguap.

Salah Siapa?

Saya berfikir, pernahkan saya memikirkan perasaan ayah? karena sekalipun ayah bukan lagi remaja 17tahun yang membutuhkan perayaan dan semacamnya, ayah tentu tetap ingin kami mengingat dan merasakan betapa 15 desember itu penting dalam hidup kami.

Nyatanya, 15 Desember memang begitu berharga.

Karena pada tanggal itulah pahlawan terhebat dalam hidup saya dilahirkan. Pada tanggal itulah cikal bakal saya akhirnya hidup, bernafas didunia. Dan pada saat itulah dunia terasa lebih ‘benar’, karena ayah, lahir dan masih tersenyum hingga saat ini.

Dan demi apapun, saya menyesal.

Ayah, maaf.

Saya pernah melihat air mata ayah. meski tak hingga menetes jatuh karena sosok ayah akan selalu berusaha menguatkan dirinya didepan kami. Terutama saya dan abang. Karena bagi ayah, terlihat lemah didepan kami hanya akan menimbulkan kesedihan. Sementara ayah sendiri selalu berusaha membubuhkan kebahagiaan dalam setiap kehidupan kami.

Dan setelah itu saya berjanji akan membahagiakan ayah.

Sungguh, dengan cara apapun.

i-love-you-daddy

Ayah, dian sayang ayah. Meski harus ada 3 kali ibu sebelum ayah, meski ayah hanya menempati urutan keempat, meski surga tak berada ditelapak kaki ayah, percayalah, memiliki ayah tetaplah menjadi sebuah keajaiban. Anugerah yang tak pernah tergambarkan besarnya. Dan kebahagiaan yang tak tampak secara fisik, namun mengikat kehidupan dengan akar kuatnya.

Dian sayang ayah, sejak pertama ayah mengumandangkan ayat ‘Allah’ pada indra pendengar dian. Semenjak ayah berusaha melakukan apapun untuk menghidupi dan memenuhi kebutuhan dian. Semenjak pertama kali ayah menyisipkan nama ayah pada nama dian. Semenjak dulu, hingga waktu tak lagi mampu menyelaraskan diri dengan dentang jam.

Selamat Ulang Tahun Ayah:’) Semoga panjang umur. Tiada berkah yang lebih berarti daripada melihat ayah -dan ibu- tersenyum saat hari kesuksesan dian datang, nanti. Semoga diberikan kesehatan tiada tara. Semoga semakin diberkahi pada umur-umur berikutnya. Semoga selalu bisa menjadi panutan untuk keluarga. Semoga selalu menjadi lelaki terhebat dalam hidup dian. Semoga apapun yang terjadi, cobaan apapun yang datang, ayah tetap bisa tegar dan menyelesaikannya dengan baik. Semoga setiap langkah ayah menjadi berkah dan amalan baik. Semoga apapun tentang ayah selalu berakhir dengan suatu kebaikan.

Selamat ulang tahun ayah.

Selamat ulang tahun :’)

I do love you, forever.

fathers-day-printable-for-a-super-dad (1)

 

 

Sincerely,

Your Beloved Daughter

 

 

4 thoughts on “Barakallahufiiumrikum, Ayah~

  1. Dwi_h@E says:

    huahhhhhhh……… *ambil tisu*
    Saeng udah menjadi anak yg baik buat orang tua saeng

    Met ultah buat appa nya

    Jadi ingat, bentar lagi appa eonni juga ultah *31 des*

    • HyukgumFiction says:

      huaa terimakasih eonni:’)
      hehe, amin. semoga memang seperti itu kenyataannya:’)
      dan,, selamat ulang tahun juga ya buat appa eonni.
      all the best for our dad^^

  2. naina says:

    kata yg indah, semoga ayah kamu dan ayah kita semua selalu di berikan kesehatan, panjang umur, di berkahi setiap langkahnya, selalu di naungi oleh Allah amin🙂

Leave a Reply

